PIK-R SMK 3 Wonosari Maju Tingkat Provinsi

Posted: Januari 20, 2016 in kliping

smk 3 wonosariWONOSARI (KRjogja.com) – SMK Negeri 3 Wonosari memiliki program ekstra kurikuler berupa Pusat Informasi dan Konseling-Remaja (PIK-R). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para siswa tentang kesehatan reproduksi, maupun pemahaman tentang resiko penularan penyakit kelamin, informasi seputar HIV/Aids sekaligus untuk mencegah terjadinya hamil diluar nikah.

PIK-R Sehat Masa Depan (Sedan) SMK Negeri 3 Wonosari dievaluasi oleh Tim Penilai Lomba PIK-R tiongkat DIY, Kamis (26/03/2015). Tim evaluasi yang terdiri dari Supri Cahyono relawan PKBI DIY, Nining Tunggal, Pembina PIK mahasiswa dan Iwang Sewoko dan BKKBN DIY, disambut oleh Kepala Badan Pemberdayaan masyarakat Perempuan dan KB Sujoko SSos MSi, Camat Wonosari Drs Iswandoyo MSi,  Kepala Puskesmas II Wonosdari dan sejumlah pejabat di Gunungkidul.

Menurut Kepala SMK 3 Wonosari Dra Susiyanti MPd, siswa SMK yang merupakan usia remaja sangat beresiko terhadap berbagai masalah kesehatan reproduksi, dan pergaulan bebas. Lewat kegiatan PIK-R diharapkan siswa menyikapi perubahan memasuki usia remaja akhir, sehingga mereka akan memahami sendiri tantang kesehatan reproduksi, dengan menghasilkan berbagai inovasi. Selain itu sekolah ini juga menrapkan inovasi toilet bersih, sehat dan jujur yang merupakan kolaborasi dengan kesehatan reproduksi.

Ketua Tim Penilai PIK-R DIY Supri Cahyono mengapresiasi dengan kegiatan posiitif yang dilakukan para siswa di sekolah ini lewat PIK-R. Apalagi kegiatan ini masuk ekstra kurikuler yang sulit ditemui disekolah lain. Apalagi siswa SMK dituntut untuk melakukan praktek kerja lapangan (PKL) di luar sekolah yang jauh dari pengawasn guru dan orang tua. “Sangat tepat jika siswa dibekali  dengan pemahaman pentingnya PIK-R, sehingga bisa menjaga dirinya sendiri,” ujarnya. (Awa)

Sumber : http://krjogja.com/read/254010/pik-r-smk-3-wonosari-maju-tingkat-provinsi.kr

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s