Penilaian PIK-R di MAN Yogyakarta I

Posted: Januari 20, 2016 in kliping

pikr-man 1Yogyakarta – Tim Penilai dari BKKBN DIY untuk lomba Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) berkunjung di MAN Yogyakarta I, Rabu (25/3). Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 09.00 sampai pukul 10.00 WIB di Aula MAN Yogyakarta I.

Turut hadir dalam acara ini Imam Khoiri dari Kanwil Kemenag DIY,  Jalaludin SSos camat  Gondokusuman, Basori Alwi MA  dari Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta, Dwi Ewinayati dan Eny Retnowati dari Kantor KB Kota Yogyakarta.

Sebelum penilaian, para tim penilai dan tamu yang hadir disambut dengan penampilan Grup Hadroh Kasyiful Kurab MAN Yogyakarta I.  Jalaludin SSos selaku Camat  Gondokusuman dalam sambutannya menyampaikan bahwa usia remaja merupakan tahapan usia yang sangat krusial, maka adanya PIK-R di MAN Yogyakarta I menjadi pioneer untuk mendampingi para siswa dalam perkembangannya. “Semoga penilaian pada kali ini akan membawa hasil yang terbaik, dan sampai ke tingkat nasional,” katanya.

Sementara itu Imam Khoiri menyampaikan bahwa MAN Yogyakarta I mempunyai sejarah yang panjang.  Mulai dari SGHA tahun 1950 – 1954, lalu berubah menjadi PHIN dari tahun 1954-1978, MAN mulai tahun 1978 sampai sekarang. Tentunya lamanya waktu menjadikan madrasah ini mempunyai kekayaan pengalaman dan kematangan di antara madrasah yang lain hingga MAN Yogyakarta I mendapat sertifikat ISO 9001:2008 PT TUV Rheinland Jerman dan menjadi Rintisan Madrasah Unggulan (RMU). Hal yang penting dari kegiatan ini adalah sebagai salah satu upaya untuk membentuk karakter. “Semoga BKKBN bisa bersinergi dengan MAN Yogyakarta I dalam pembentukan karakter,“ pesannya.

Kemudian Rodhiana  Tim Penilai dari BKKBN DIY menyampaikan  bahwa perlombaan ini bukan semata-mata untuk mencari juara 1, tetapi lebih kepada pembinaan  terhadap PIK-R yang  ada di MAN Yogyakarta I.  PIK-R di MAN Yogyakarta I, baru berumur dua tahun, dan baru masuk kategori Tumbuh. Dalam PIK-R ada tiga tingkatan, pertama Tingkat Tumbuh, kedua Tegak, dan ketiga Tegar.  “Semoga bisa masuk ke tingkat nasional”, kata Rodhiana.

Isni Lestari SPd  guru BK dan Pembina PIK-R berharap, PIK-R MAN Yogyakarta I, dengan nama PIK-R EXALTA ini dapat lolos di tingkat provinsi dan berlanjut ke tingkat nasional.

“Keberadaan PIK-R di MAN Yogyakarta I sangat bermanfaat dan membantu para siswa. Ada beberapa siswa terkadang “malu” berkonsultasi  ke BK, tetapi dengan adanya PIK-R ini mereka mendapat informasi dan konseling dari temannya sendiri,” jelasnya.(dzl)

Sumber : http://yogyakarta.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=248285

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s