IDEA dan Analisis Penganggaran AIDS

Posted: Juli 30, 2012 in kliping

Pemerintah Daerah adalah kepanjangan dari Pemerintah Pusat yang ternaktub dalam Undang-Undang Otonomi Daerah. Semangat otonomi Pemerintah Daerah untuk dapat lebih mendekatkan layanan kepada masyarakat. Dekatnya layanan kepada masyarakat dapat memberikan lebih kontribusi kepada masyarakat dan akan lebih meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat. Ini menjadi konsekuensi logis dari kemudahan akses dari masyarakat ke layanan pemerintah.

Tetapi dalam kenyataan tidak sama dengan harapan yang diiinginkan, pada gagasan Otonomi Daerah ingin mendekatkan layanan kepada masyarakat. Tetapi beberapa kasus Pemerintah Daerah memberikan kebijakan yang tidak mendekatkan malah membuat masyarakat lebih baik dari sebelum Otonomi Daerah. Bukan Otonomi Daerah yang salah, tetapi Pengelolaan Pemerintah Daerah yang tidak berpihak pada Rakyat.
Seiring dengan belum berpihaknya Aparat Pemerintah Daerah maka pengawasan, pengingatan dan intervensi pembelajaran harus diberikan kepada Aparatur agar terus dipacu untuk terus berpihak pada masyarakat. IDEA sebagai LSM yang terus berjuang untuk pembelaan hak rakyat, pada sesi tahun 2012 melakukan riset tentang Penganggaran HIV dan AIDS dengan judul program Pola dan Kinerja Kebijakan Anggaran Penanggulangan HIV dan AIDS : Studi Kasus Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Bantul Tahun 2010 s.d. 2012. Riset ini dikukung atas hibah penelitian HCPI-KPAN 2012.
Untuk mengawali program riset penganggaran HIV dan AIDS pada tanggal 15 Mei 2012 melakukan Focus Group Discussion yang dihadiri oleh Pemangku kebijakan, LSM, para Aktivis AIDS dan Komunitas di Hotel Batik Yogyakarta. Pertemuan atau FGD ini bertujuan mensosialisaikan rencana riset dan masukan dari peserta FGD untuk menyempurnakan kerangka riset.
Seperti yang disampaikan oleh Valentina Sri Wijiyati, Kepala Divisi Advokasi Anggaran untuk Hak EKOSOB Perkumpulan IDEA Yogyakarta yang akrab dipanggil mbak Wiji,  “ Tujuan kami menyelenggarakan FGD ini lebih untuk mensosialisasikan riset kami dan meminta masukan dari temen-teman untuk menyempurnaan riset kami ini, riset ini akan berlangsung dari bulan Juni sampai dengan Agustus 2012 awalnya kami akan akses dokumen penganggaran, selanjutnya kami akan melakukan wawancara kepada temen SKPD. LSM dan temen-temen komunitas”.
Respon temen LSM pada rencana riset ini mendapat dukungan yang besar terbukti dengan komentar dari Maezur Zaky Direktur PKBI DIY, “Kami senang karena ada teman baru yang berjuang bersama untuk penanggulangan AIDS, sudah lama kami ingin melihat komitemen pemerintah tentang hal penganggaran HIV dan AIDS ini, kebetulan ada IDEA yang mempunyai kapasitas yang tepat dan berkompeten untuk pekerjaan analisis ini”.
Kegiatan riset ini menjadi tepat disaat situasi yang memang diperlukan untuk meilhat komitmen Pemerintah Daerah dalam upaya Penanggulangan HIV dan AIDS. [soepri]

sumber :  http://ideajogja.or.id/idea-dan-analisis-penganggaran-aids/#.UBZFWWGomPc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s