Gugus Tugas KLA Hasilkan Rencana Aksi Daerah

Posted: Juli 8, 2012 in kliping

kla-sleman-2012Sleman (kla.or.id)- Tahun ini adalah tahun ke dua Pelaksanaan Pengembangan KLA di Kabupaten Sleman. Target yang ingin dicapai Kabupaten Sleman dalam tahun 2012, adalah berupaya untuk mendapatkan penghargaan KLA tingkat pratama. Demikian diungkapkan oleh Siti Hendratiningsih, S.E., Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, mewakili Kepala Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat, dan Pemberdayaan Perempuan (KBPMPP) Kabupaten Sleman pada acara Konsolidasi Gugus Tugas KLA di Rumah Makan Pringsewu Sleman (26/1/2012).

Secara bertahap pelaksanaan pengembangan KLA di Kabupaten Sleman dituangkan dalam program pengembangan KLA, Rencana Aksi Daerah yang dilakukan oleh SKPD, Lembaga, Organisasi, Perguruan Tinggi yang tergabung dalam Gugus Tugas KLA.

Konsolidasi Gugus Tugas KLA tersebut terlaksana atas kerjasama Badan KBPMPP Kabupaten Sleman dengan Institute for Development and Economic Analysis (IDEA). Pelaksanaan Konsolidasi Gugus Tugas KLA ini dimaksudkan untuk mendapatkan masukan dari SKPD, Lembaga, dan Organisasi dalam rangka penyempurnaan Rencana Aksi Daerah Pengembangan KLA  (RAD-PKLA) Kabupaten Sleman yang telah dirumuskan melalui Workshop pada tanggal 7 Desember 2011 lalu.

Konsolidasi diikuti oleh seluruh SKPD, Lembaga, dan Organisasi yang tergabung dalam Gugus Tugas KLA. Bertindak sebagai narasumber dalam kesempatan ini adalah Kepala Badan KBPMPP, Kepala Bidang Sosial Budaya Bappeda Kabupaten Sleman, dan IDEA.

Dalam paparannya, Drs. Pranama, M.Si., Kepala Bidang Sosial Budaya Bappeda Kabupaten Sleman menegaskan bahwa sebenarnya kata kunci dari keberhasilan pelaksanaan Kabupaten Layak Anak ada tiga unsur yaitu Koordinasi, Sinkronisasi, dan Konsolidasi.

Lebih lanjut pranama mengungkapkan bahwa sebagian besar SKPD yang ada di Kabupaten Sleman telah mengalokasikan anggaran yang responsif gender dan anak. Hal ini akan mendukung percepatan  terwujudnya Kabupaten Sleman sebagai Kabupaten Layak Anak.

Pada kesempatan yang sama, Soepritjahjono, S.Pd, salah satu narasumber dari IDEA menuturkan bahwa Rencana Aksi Daerah adalah wujud komitmen dalam kurun waktu lima tahun untuk mengambil langkah dan menyusun program yang strategis dalam mewujudkan Kabupaten Sleman sebagai Kabupaten Layak Anak.

Saat ini RAD masih dalam bentuk satuan indikator, akan menjadi sebuah dokumen komitmen yang holistik dan integratif apabila indikator dan kegiatan yang dimaksud dapat terdistribusikan ke masing-masing pemangku kepentingan sehingga akan terlihat capaian dalam pentahapan masing-masing SKPD dalam mewujudkan Kabupaten Sleman sebagai Kabupaten Layak Anak, harap Sorpritjahjono. (pppa Slm).

sumber : http://kotalayakanak.org/index.php?option=com_content&view=article&id=1386:konsolidasi-gugus-tugas-kla-hasilkan-rencana-aksi-daerah&catid=102:sleman&Itemid=113

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s