Intelektual Organik

Posted: Januari 21, 2010 in opini

Dalam konteks masyarakat kancah pengetahuan dan perilaku keseharian terdapat tarik ulur dialog yang menunjukkan tingkat pemahaman antara satu dengan yang lain, dialog menunjukkan kemampuan dalam penyerapan situasi disekitar dan kecepatan dalam penyesuaian kondisi lingkungan. Seseorang dapat dikatakan mempunyai tingkat intelektual yang tinggi ketika dapat memberikan jawaban atas persoalan yang dipertanyakan. Ironisnya kemampuan jawaban yang tepat, benar dan memuaskan adalah jawaban yang sifatnya teori belaka dan memiliki argumen dan hitungan dengan panduan literasi. Menjadikan kemampuan teori yang di aktualisasikan secara lisan menjadi bagian yang penting dalam pengukuran seseorang dikatakan mempunyai intelektual ataupun tidak. Kelihaian dalam berbicara dengan membacakan sekian argumen menjadi ukuran seseorang mempunyai intelektual ataupun tidak, seakan-akan membuat dikotomi bahwa seseorang tidak dapat menguraikan secara jelas pada kancah akademik dikatakan tidak mempunyai intelektual.

Selanjutnya bila melihat fakta-fakta yang ada, bukankah teori itu munculnya dari praktek-praktek keseharian. Teori bukan datang dengan sendirinya, teori lahir dari situasi yang berkembang, berkembang dari dinamika lingkungan. Lingkungan merupakan kondisi lapangan yang seriil-riilnya yang dapat melihat kearifan lokal, budaya, dan kepandaian masyarakat setempat. Lingkungan mempunyai pengetahuan langsung yang dapat menjawab persoalan secara riil yang se-nyata-nyatanya. Hidup dan mati bagian dari persoalan yang harus dihadapi, bukan tinjauan yang dianggap kegagalan sebagai sebuah kesalahan teori atau argumentasi.

Tinjauan bahwa intelektual hanya ada di wilayah akademik harus dipertanyakan lagi, kembali lagi bukankah teori muncul berawal dari praktek. Seharusnya masyarakat dengan sekian kearifan lokal yang bisa mempertahankan situasi merupakan orang yang mempunyai intelektual yang tinggi, demikianlah adanya bahwa ada yang disebut dengan intelektual organik. [soepri]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s