Paradigma sehat atau sakit

Posted: November 9, 2009 in opini

Sebaiknya mencegah sakit atau mengobati  ?
Ini cara pandang dengan posisi sebagai obyek, sebagai klien, sebagai korban dalam kerangka sistem dinamika kesehatan. Dalam benak orang, masih memandang bahwa kondisi sakit karena kesalahan sendiri, karena kelalaian, karena ketidaktahuan, karena kebodohan sendiri.  Bila ini masih terjadi maka ini situasi yang salah dalam menganggap sebuah persoalan.
Mengapa bodoh, mengapa tidak tahu ?
Bodoh dan tidak tahu tidak datang dengan sendirinya, bodoh datang karena ada yang membuat bodoh, karena ada situasi yang membuat bodoh, atau lebih tepatnya secara sistem yang tidak tepat dan tidak berpihak. Pada prinsipnya semua orang pandai, setiap orang cerdas pada wilayah tertentu, apabila sistem memberikan semua orang untuk mengakses kepandaian, akses kecerdasan.

Sistem kesehatan yang dirasakan akan menunjukkan kearah manakah posisi masyarakat ditempatkan, posisi masayarakat dijadikan obyek sarana kesehatan.
Ukuran yang paling sederhana yang dapat dilihat adalah seberapa besar fasilitasi sistem untuk memberikan dukungan kepada rakyatnya untuk mencegah penyakit atau seberapa besar sistem mendukung mengobati penyakit.

Seberapa besar sistem penyuluhan, sistem informasi penyehatan perilaku, penyehatan lingkungan ada pada masyarakat. Bagaimana sistem kesehatan senantiasa memberikan akses informasi yang memadai untuk penyehatan komunitas, seberapa berpihaknya sistem sehingga program prevensi penyakit dapat dibuka lebar dan berpihak pada masyarakat.

Atau malah sebaliknya, pembangunan sarana pengobatan dan penyembuhan penyakit di proyekkan secara besar-besaran dengan hitungan material yang luar biasa kapitalisnya dengan perhitungan yang matang dengan seberapa orang akan sakit dan memerlukan fasilitas kesehatan. Hitungan seberapa orang sakit tentunya akan menghitung berapa besar modal yang akan kembali dan memperoleh keuntungan dari proyek orang sakit.

Dilema program preventif adalah tidak terdapat keuntungan yang memadai atas proyek prevensi itu sendiri, sangat berbeda dengan kuratif yang secara gamblang bisa dihitung ”balik modal”.
Selanjutnya dimanakah paragdigma kesehatan sekarang ? [soepri]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s