Bergerak dan Menggerakkan

Posted: Oktober 26, 2009 in opini

Tidak ada sesuatu yang tetap, semua akan berubah, tetapi hanya ada satu yang tetap yaitu perubahan itu sendiri. Perubahan adalah sebuah situasi yang menjadi pembeda dari satu ruang ke ruang lain, dari satu kerja ke kerja yang lain. Perubahan muncul karena suatu sebab dan pada akhirnya dengan perubahan itu akan memunculkan akibat. Perubahan membutuhkan subyek pendorong dan obyek yang terdorong demikianlah bicara dalam rumusan yang kita kenal.

Apakah rumusan ini juga dipakai dalam perubahan di komunitas ?
Perubahan yang hanya akan dilihat dari sekelompok subyek dan sekelompok obyek, sebenarnya bukanlah demikian adanya. Komunitas merupakan struktur yang memiliki kaidah-kaidah yang tarik ulur antara satu kepentingan dengan kepentingan yang lain, kekuasaan merupakan sentral dari tarik ulur atas kepentingan. Ketidak merataan dalam distribusi pokok-pokok keadilan dan kesejahteraan menjadikan satu kelompok tertentu akan menguasai kelompok yang lain, satu kelompok akan menindas kelompok lain. Perlawanan untuk pembebasan dari ketertindasan dan keterpurukan memerlukan perjuangan yang menjadikan korban berdaya dan untuk segera melakukan pembebasan.

Dorongan-dorongan perlawanan untuk membangkitkan semangat dari keterpurukan dapat diberikan oleh orang yang merasa peduli akan penderitaan dan persoalan yang dihadapi.
Disinilah kita akan mencoba mengenal dalam konteks penguatan komunitas, perjuangan untuk kebebasan hanya akan bisa dilakukan oleh komunitas itu sendiri. Komunitas itu sendirilah yang menjadi subyek atas perubahan, sangat naif apabila sekelompok orang luar komunitas mengatakan “akulah yang membuat mereka berubah”.

Perjuangan pembebasan memerlukan strategi gerakan yang memungkinkan memiliki kemampuan untuk bergerak dan menggerakkan, bergerak untuk melakukan perubahan serta menggerakkan komunitas secara bersama untuk perubahan.
Dapatkan orang luar menyebut dirinya sebagai agen perubahan tatkala tidak bisa melakukan kedua-duanya untuk melakukan perubahan. [soepri]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s