Belajar Bersama

Posted: Oktober 13, 2009 in opini

Sebuah kata yang saya rasa istimewa saat kita mengatakan “belajar bersama”, sebuah konteks kalimat sederhana tetapi sangat harmoni dan menunjukkan makna yang sangat setara. Disebut demikian karena belajar itu sendiri sudah merupakan semangat kesetaraan dengan menerima semua dinamika yang ada di sekitar, dengan kata lain “belajar adalah pengakuan akan pengetahuan orang lain”. Demikian dahsyatnya kata “belajar” masih di tambah dengan kata “bersama”, betapa amat sangat setaranya istilah ”belajar bersama” itu seperti yang terungkap diawal.

Belajar bersama merupakan penerimaan akan keberbedaan orang lain, penerimaan akan pendapat orang lain, penerimaan akan keberagaman orang lain, cerminanan implementasi semangat multikultur bisa terlihat dengan keinginan untuk menerima dan melakukan “belajar bersama”.

Semua adalah pengetahuan, baik yang hidup (manusia, hewan, tumbuhaan, bakteri dan sejenisnya) ataupun alam yang mati (batu, pasir, air, udara dan lain-lain) merupakan sumber pengetahuan. Gejala alam yang terjadi menjadikan kita akan selalu lihat dan kita akan terima sebagai proses belajar, terlebih dinamika masyarakat. Betapa dinamis dan enerjik masyarakat itu, masyarakat memiliki norma, memiliki nilai, memiliki kultur yang berbeda antara satu masyarakat yang lain.

Rusaknya pengetahuan apabila keberagaman yang ada itu dianggap sebagai sebuah perbedaan, padahal sejatinya perbedaan merupakan sebuah kekayaan yang sangat besar dan luar biasa. Karena dengan perbedaan akan menjadikan takaran antara satu dengan yang lain untuk saling mengisi dan mendorong inovasi.

Penjagaan atas keberagamaan umat manusia dan seisinya hanya bisa dilakukan apabila semuanya bisa menerima dan melakukan ”belajar bersama”. [soepri]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s